Keluarga

Keluarga

Sabtu, 11 Februari 2012

Donat Kentang


Resep Donat Kentang Lezat

donat-kentang.jpg
lagi pengen makan donat kentang niy..mo beli udah biasa, mending nyoba bikin sendiri aja deh, sekalian nambah ilmu juga, lagian hasilnya kan juga dapet lebih banyak..nyam…nyam…nyam…nyam.. :)
Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin
Cara membuatnya:
1.     Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
2.   Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
3.   Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
4.   Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
5.    Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat
ohya ada juga niy tips sukses membuat donat kentang :
1. Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.
2. Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.
3. Haluskan kentang sampai benar-benar halus, kalau perlu pake blender, supaya adonan bisa licin dan gak gradakan :)
4. Setelah Halus Dinginkan kentang sebelum dibuat Donat. Terus kalau tidak dalam keadaan dingiiiinnn…waaa.., raginya langsung mati deh.
5. Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah.
6. Istirahatkan adonan lk. 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.
7. Lubangi bagian tengahnya menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.
8. goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam) Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.


Jika sebelumnya donat dikenal dengan bahan tepung dan ditaburi dengan keju, kismis, coklat dan aneka rasa lainnya maka kini donat kentang bisa menjadi alternatif yang lezat untuk anda semua. Dengan bahan dasar kentang, resep donat diolah sedemikian rupa hingga menjadi sajian yang menarik sekaligus enak untuk dinikmati sambil nontonsinetron sejuta kasih. Banyak sekali toko roti yang menawarkan donat kentangsebagai menu andalan. Namun kini anda bisa mencoba resep donat kentang dari dalam dapur anda sendiri. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat panganan sehat dan bergizi ini lengkap dengan bahan yang harus anda siapkan. Jangan takut untuk membuat sebuah variasi lain berdasarkan kreatifitas anda sendiri. 

Resep donat kentang sebenarnya cukup mudah. Bahan yang digunakan juga bisa dijumpai dipasaran. Yang terpenting adalah menjaga agar donat tidak menjadi bantet dan empuk. Untuk taburan, anda bisa memvariasinya sesuai dengan keinginan. Buat donat kentang tersebut hingga menjadi aneka rasa yang cocok untuk semua anggota keluarga.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan anda lihat cara membuat dan menyajikan donat kentang berikut ini

Bahan untuk 16 donat :
275 g tepung terigu
2 sdt baking powder
¼ sdt garam
¼ sdt soda kue
100 g gula pasir
2 butir telur ayam, kocok
50 g mentega, lelehkan
125 ml susu cair, aduk dengan½ sdm air jeruk nipis
150 g kentang, kupas, kukus, haluskan
minyak goreng

Cara membuat:
Campur semua bahan kering menjadi satu. Buat lubang di tengahnya. Masukkan telur dan mentega leleh sambil aduk hingga rata. Tuangi susu sedikit-sedikit sambil uleni hingga licin. Tambahkan kentang halus, aduk hingga adonan tidak lengket di tangan. Bentuk adonan menjadi bola-bola atau bentuk cincin. Goreng dalam minyak banyak di atas api kecil hingga donat kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Taburi gula bubuk, jika suka. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar